Selamat Ulang Tahun Pria yang Tak Ingin Kukenal

20 10 2012

Hari itu sudah dekat. sangat dekat. 24 tahun yang lalu, seorang bayi yang kini telah menjadi pria, dilahirkan. Pria yang mungkin sedang menonton acara masak- memasak sambil tertawa senang. Berpura-pura tidak tau telah menghilangkan setiap puzzle yang susah payah kutemukan. Hilang seperti tak berharga.

Memaafkannya adalah hal pertama yang kulakukan setelah memutuskan untuk pergi. aku bukan seorang penyimpan dendam. Dendam hanya menggerogoti hati, membusukkannya hingga tak dikenali. But it’s forgiving not forgetting. Kau jangan terlalu senang.

Hari ini aku menertawakan diriku sendiri. Menertawakan ketololanku. Seorang perempuan yang tersenyum sepanjang hari karena merasa dirinya jatuh cinta. Seorang perempuan yang membangun khayalannya sendiri. Menceritakan pada setiap sahabatnya bahwa ia memiliki seorang pria. Pria luar biasa. 9 dari 10. Sangat cerdas. Tau bersikap dan seorang pengejar mimpi yang tangguh. Idealis. And especially, he is a nice guy who really knows how to treat a stubborn woman like me.  Seorang pria yang disukai banyak wanita namun pada akhirnya hanya memilihku. Ya, he is that kind of man. Paling tidak begitulah persepsi-persepsi yang dibangunnya dalam pikiranku yang mulai tak sehat saat itu.

Namun jauh di lubuk hatiku yang sangat dalam, aku tau ada yang salah dengan hubungan ini. Dia tidak menyayangiku sebesar pikiran-pikiran yang dia sumbatkan dalam kepalaku. Dia hanya sangat pintar. Dan aku sedang jatuh cinta. Seseorang yang jatuh cinta tak peduli apapun. Semua kekurangan dan kesalahan terlihat benar. Dan itu sah dalam cinta.

Dia membuatku melakukan dengan ikhlas dan senang hati apa yang dimaunya. Hal-hal yang saat ini terlihat sangat bodoh. Tapi sukurlah kini aku bisa tertawa mengenangnya.

Saat itu aku benar-benar jatuh cinta seperti gila. Tak peduli ap;apun. Bahkan seseorang yang sangat kupercaya selalu memperingatkanku. Ini salah. Cobalah sadar. Sadarkan dirimu sendiri. Dia tidak benar-benar seperti yang kau percayai. Jangan korbankan orang lain yang jauh lebih menghargai rasa sayangmu. Orang lain yang selalu melakukan ini itu untukmu. Orang lain yang jauh lebih berharga. Orang lain yang mungkin mati jika kau tinggalkan. Orang lain yang akan selalu menunggumu di ujung jalan meski kau telah membohonginya dan pergi..

Namun apa kau tau?  jatuh cinta ini tak sepenuhnya salah. Selalu ada sisi positif, bahkan pada hal yang paling tak masuk akal sekalipun. Aku belajar banyak hal. setidaknya aku tau ternyata ada lelaki seperti dia yang hidup di dunia ini. Aku beradaptasi, mengadopsi beberapa karakter dan triknya. Aku berusaha menjadi tipe perempuan yang diinginkannya dan ternyata itu baik untukku.

Akhirnya kuucapkan selamat, selamat ulang tahun. Selamat kau telah menjadi seseorang yang kau takutkan. Selamat kau berhasil. Surat ini tak bermaksud apa-apa. surat ini tak menginginkan apa-apa. Aku hanya ingin mengabadikan ingatan karena aku tak akan melupakan. Sampai matipun tidak.

Baiklah, ini hari istimewa. Seperti keistimewaan lainnya, aku akan berdoa.

Tuhan, kumohonkan semua yang baik untukknya. Mmmm… tapi bolehkah kutambahkan sedikit doa lagi?

Kumohon tuhan, jangan pernah Kau lahirkan dia ke dunia. Aku tak mau mengenalnya. Aku rasa tuhan dan setan kali setuju denganku.

Selamat ulang tahun


Actions

Information

Leave a Reply

